Perumahan

Desain Rumah Bangunan Tahan Gempa

Posisi Indonesia yang rawan gempa menyebabkan banyak terjadinya musibah gempa di Indonesia. Hal inilah yang kian menyokong para arsitek untuk membikin hunian tahan gempa yang memiliki ketahanan cukup baik dan energi tanggap gempa yang mumpuni. Bagaimana konsep desain rumah bangunan yang mumpuni dan sesuai dengan situasi kita?

Desain Rumah Bangunan Tahan Gempa

Prinsip yang akan menyokong sebuah rumah bangunan tahan dan tanggap gempa yakni prinsip bahwa massa pada bangunan (denah) berbentuk simetris. Gaya lateral imbas gempa akan memiliki sifat yang inersia dan akan berkaitan seketika dengan massa bangunan. Bentuk massa yang tidak simetris inilah yang nantinya akan membikin momen torsi terhadap bangunan menjadi roboh dan luluh lantak.

Penempatan dinding-dinding penyekat serta pelubangan pada sebagian sumbu dapat diusahakan agar sedapat mungkin menjadi simetris terhadap sumbu-sumbu denah bangunan. Selain itu bidang-bidang simpang pada denah sebaiknya menyusun kotak-kotak yang sifatnya tertutup.

Pada lazimnya gempa tidak saja merusak lantai dasar bangunan dan pondasi karena rupanya pondasi tertanam di bawah tanah dan terbendung di dalam sana. Tapi, dikala gempa terjadi pondasi ini akan bergerak meniru gempa dan dinding tidak dapat untuk ditahan seluruhnya oleh tanah pada segala sisi dan bergerak serta bergetar seiring dengan terjadinya goncangan. Dinding ini bahkan alhasil roboh.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan dikala membangun rumah bangunan tahan gempa yakni bahwa adanya rinci peletakan dan pembuatan ring balok yang memang patut benar-benar dipasang secara jitu dan tepat. Meletakkan sengkang pada posisi yang benar dan tepat akan membikin rumah tidak bocor dan akan tahan dikala gempa menggoyang. Jarak kerapatan pada sengkang yang dianjurkan oleh para pakar ini yakni sekitar 5 cm. Tapi barometer yang valid yakni dengan batu dan kerikil yang tepat dan tidak lolos dikala terjadi peletakan.

Desain lainnya yang dianjurkan para pakar yakni bahwa rumah bangunan tahan gempa ini memiliki kekutan yang ringan tetapi kokoh dan kuat sehingga dikala terjadi gempa yang hebat maka rumah bangunan ini tidak akan sampai mematikan penghuni yang berada di dalam rumah.

Galian Tanah pada Rumah Bangunan Tahan Gempa

Penggalian tanah untuk rumah bangunan tahan gempa yakni dengan menggali tanah pada batas-batas tertentu sehingga dicapai kedalaman yang tepat. Untuk galian pada rumah bangunan yang tidak bertingkat, maka dibutuhkan penggalian sampai mencapai kedalaman dengan level tanah keras.

Meski pada rumah bangunan yang bertingkat tentu saja kedalaman galian lebih daripada rumah bangunan tanpa tingkat.

Tipe pondasi bahkan bermacam-jenis, yakni jenis pondasi lunak dan jenis pondasi keras. Pada kedua jenis tanah tersebut pondasi yang kuat dapat dibangun dengan tepat dan maksimal. Tanah bahkan tidak perlu terlalu dalam digali dikala tanah berjenis keras, padahal untuk tanah yang lunak maka galian untuk pondasi rumah bangunan tahan gempa haruslah dalam.