Rumah

Desain Taman Minimalis

Halaman yang kecil di belakan atau samping rumah bukan halangan membuat sebuah taman minimalis dan cantik, Asal Anda tahu caranya.

Berikut beberapa tips untuk desain taman minimalis di halaman mungil rumah anda :

1. Ciptakan sebuah fokus perhatian dari taman minimalis anda.

Pusat perhatian taman dapat berupa : air mancur, sebuah patung seni yang menempel di tembok taman atau berdiri di tengan taman, bunga dengan Pot yang besar dan indah, tatanan susunan batu alamdi dinding taman, Intinya, Ciptakan sebuah fokus perhatian untuk desain taman mninimais anda.

2. Pemilihan warna cerah / natural pada dinding taman

Jika anda memiliki lahan yang sempit untuk desain taman anda, maka sebaiknya pilihlah dinding taman berwarna natural atau cerah. pemilihan warna gelap untuk diniding taman memberikan kesan mempersempit taman itu sendiri

3. Perawatan Taman.

Pikirkan juga, kelanjutan dari perawatan taman itu sendiri, karena membuat taman itu sebenarnya mudah, justru masalah perawatan taman itu sendiri yang sulit dan jarang dilakukan, bahkan sering kita jumpai banyak taman terbengkalai tidak diurus.

READ  Pengaturan Dasar Untuk Ruang Tamu

Jika anda kedepannya tidak punya cukup waktu untuk merawat taman, pilihlah desain taman yang sederhana dan tidak terlalu rumit, serta tidak menempatkan beberapa tanaman yang cepat pertumbuhannya dan memerlukam perawatan khusus, jadi pilihlah jenis tanaman yang tidak memerlukan perawatan khusus, tanaman tropis misalnya

4. Elemen dekoratif desain taman miimalis.

Gaya desain taman minimalis dan desain rumah minimalis memiliki konsep yang serupa. Antara lain dengan adanya permainan garis vertikal dan horizontal pada desain taman minimalis maupun pada desain rumah minimalis. Sebuah taman bisa disebut taman minimalis bila taman tersebut terlihat cenderung irit dengan ornamen dekorasi atau pernak perniknya. Sehingga penilaian taman tersebut tidak dinilai dari unsur ornamen yang menghiasinya.

Hasilnya taman tersebut akan kelihatan rapi, bersih, sederhana dan simpel namun tetap memperlihatkan keindahan sebuah taman. Selain dari pernak pernik dekoratifnya, elemen keras penunjang taman ini juga akan nampak rapi dan bersih. Hal tersebut dimungkinkan karena penggunaan bidang dengan permukaan rata yang lebih banyak, seperti penggunaan batu kerikil pipih atau bulat, grass block, atau paving block sebagai pelengkap elemen taman.

READ  Desain Dapur Minimalis

5. Pemilihan jenis Tanaman pada Taman.

Jika anda ingin menempatkan sebuah taman di dalam ruangan rumah, sebaiknya pilihlah dengan cermat tanaman-tanaman yang sekaligus dapat juga menyerap poluta-polutan, co2 di dalam ruangan anda, sehingga diharpakan ruangan dalam rumah anda terasa segar dan meminimalisi polutan di dalam ruangan

Jenis-jenis tanaman yang cocok ditanam di dalam rumah guna menyerap zat-zat kimia berbahaya yang menjadi polutan di dalam ruangan.

A. Jenis Polutan : Formaldehida
Sumber Polutan: Tripleks, Particle board, Karpet, Furnitur, Produk kertas, Bahan Pembersih, Resin, Minyak tanah, Asap rokok.

Jenis Tanaman Penyerap Polutan Formaldehida: Hanjuang, Ficus, Lili Paris, Palem bambu, Philodendron, Paku Neprolepis, Bunga Krisan, Azalea, Sri rejeki dan Aglonema.

B. Jenis Polutan : Trikhloroetilena (TCE)
Sumber Polutan: Tinta, Cat, Pernis, dan Lem.

READ  Pilihlah Cat Yang Layak Supaya Rumah Anda Terasa Nyaman

Jenis Tanaman Penyerap Polutan Trikhloroetilena (TCE): Hanjuang, Palem bambu, dan Bunga krisan.

C. Jenis Polutan : Benzena
Sumber Polutan: Bensin, Tinta, Minyak, Cat, Plastik, Karet, Deterjen, Asap rokok.

Jenis Tanaman Penyerap Polutan Benzena: Hanjuang, Sansivera, Palem bambu, Bunga krisan, Aglonema.

Berikut beberapa desain taman minimalis yang mungkin bisa memberikan inspirasi bagi anda yang sedang merencanakan atau mencari sebuah desain taman minimalis :