Perumahan

Membangun Rumah Berkualitas Terbaik dengan Budget Murah

Membangun rumah berkualitas terbaik pasti sangat diinginkan oleh kita yang berencana membangun rumah tinggal dalam waktu dekat. Tetapi tidak semudah membalikkan telapak tangan untuk mendapatkan rumah terbaik apalagi jika kita memiliki dana terbatas.

Bagaimana caranya agar rumah yang akan kita bangun dengan dana terbatas bisa menjadi rumah berkualitas terbaik? Ada beberapa saran yang mesti kita perhatikan dalam hal ini. Ya, penghematan dalam membangun rumah berkualitas terbaik dapat dilakukan dengan setidaknya ada 3 tiga cara.

1. Manfaatkan Diskon

Cara yang pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan memanfaat diskon bahan bangunan yang dijual. Selama barang bangunan yang didiskon memiliki kualitas yang hampir sama dengan yang tidak didiskon, kenapa tidak mencoba untuk membeli bahan bangunan harga diskon. Tidak perlu malu! Kita bisa mendatangi hypermarket yang khusus menjual bahan-bahan bangunan, terkadang pasti ada diskon barang bangunan tertentu yang bisa kita manfaatkan. Apalagi kita ketahui bahwa harga barang bangunan sekarang sangat mahal maka diskon 10% akan sangat terasa kepada anggaran perencanaan pembangunan rumah kita.

READ  Harga Bahan Bangunan Melambung Tinggi di Musim Penghujan

2. Strategi Eliminasi dan Substitusi

Apa yang dimaksud dengan strategi eliminasi dan substitusi dalam hal membangun rumah berkualitas terbaik namun dengan budget yang murah? Kita tahu kadang barang yang didiskon jumlahnya tidak sesuai dengan kebutuhan kita. Sebagai contoh, yang kita butuhkan adalah ubin 10 buah sementara pada barang bangunan yang di diskon hanya ada 8 buah. Bagaimana cara mengakalinya? Kita bisa memadupadankan dengan corak-corak atau warna lainnya dengan menambahkan ubin dengan corak dan warna lain yang didiskon miring juga.

Yang lainnya dalam hal rangka atap rumah, kita bisa menerapkan strategi eliminasi. Biasanya untuk membuat rangka atap rumah kita biasanya menggunakan kayu, mengapa kita tidak melirik baja sebagai rangka atap rumah?

Jika kita menginginkan kusen dengan bahan kayu jati, kita mengganti membeli kusen kayu jati yang baru dengan membeli kusen kayu jati yang bekas dari rumah tua yang justru lebih kuat daripada yang baru. Memang kusen memiliki ukurannya tersendiri tapi kita bisa mengakalinya. Yang penting kita harus kreatif untuk mendapatkan rumah berkualitas terbaik namun sesuai dengan budget!

READ  Tips membuka toko bahan bangunan

3. Ambil Harga Terbaik Bukan Hanya Termurah dan Pas di Kantong

Walaupun kita menginginkan rumah dengan budget murah, tetaplah ingat bahwa tujuan kita adalah mendapatkan rumah berkualitas terbaik. Oleh karena itu, kita tidak kalap mata dengan harga diskon dan paling murah, kualitas haruslah diperhatikan. Harga terbaik bukanlah harus selalu yang termurah tetapi yang memang sepadan dengan kualitas yang kita dapat dan hitung-hitungan dengan faktor lainnya.

Misalnya kita memiliki teman yang memiliki toko bangunan dan barang bangunan yang dia jual adalah harga paling murah. Namun, setelah melakukan penghitungan ternyata ongkos kirimnya mahal karena berada jauh dari lokasi kita. Yang akhirnya harganya sama saja dengan harga jika kita membeli dari toko bangunan dekat dengan lokasi rumah kita yang akan dibangun. Nah, yang paling efisien dan merupakan harga terbaik adalah lebih baik memilih membeli barang bangunan dari toko bangunan terdekat.

READ  Pemakaian bambu sebagai bahan bangunan

Satu kelemahan dari cara ini adalah kita harus meluangkan waktu untuk melakukan survei harga paling murah dan terbaik. Tetapi jika Anda ingin mendapatkan rumah berkualitas terbaik dengan budget yang murah, cara ini sangat membantu dan ‘sangat terasa’ jika nanti Anda melakukan penghitungan kembali terhadap bangunan rumah Anda – yang berkualitas terbaik dan yang murah!