Rumah

Membongkar Rahasia Warna Pink Dalam Fengshui

Di bulan Februari, hampir di semua penjuru dunia menjadi semarak dengan warna Pink. Warna ini menjadi gampang ditemukan, mulai dari warna baju, aksesoris, sampai kemasan makanan pun zona publik seperti sentra perbelanjaan juga didekorasi dengan warna pink. Sebagai simbol beri sayang, pink menjadi spirit untuk menyemarakkan hari Valentine. Segera sejauh mana kita dapat menerapkan warna pink untuk interior rumah?

Dalam Feng shui, warna yakni suatu getaran. Getaran mengalir menghasilkan perasaan atau mood terhadap individu yang berada di sekitarnya. Sebagaimana hasil penelitian Harold Wohlfarth dari German Academy of Color Science and Photobiologist, Universitas Alberta yang mengatakan bahwa warna mempunyai imbas psikis.

Oleh karena itu, Fanny Natasya, Design Director E&U menggarisbawahi, “Pada ketika mendesain interior rumah, kita perlu membikin kombinasi warna yang memberi efek positif bagi semua member keluarga.”

Warna pink yakni kombinasi dari warna merah (faktor api) dan putih (faktor air). Yang berarti warna ini mempunyai kwalitas kombinasi dari keduanya, ialah warna merah yang penuh motivasi, sensual, asmara dan cinta; dan warna putih yang melambangkan kemurnian, kepolosan, dan keterbukaan. Semenjak akhir abad 19, warna pink juga sudah dimaknai sebagai warna feminin berdasarkan penemuan Sosiolog dari Universitas Turin di Italia bernama Marco Del Guidice.

READ  Aneka Desain Shower Kamar Mandi

Daya feminin dari warna pink memberikan rasa relaks atau menenangkan, meredam amarah, meningkatan rasa belas beri dan kelembutan. “Efek relaksasi atau menenangkan dari warna pink ini pas apabila digunakan untuk kamar tidur,” terang Fanny.

Berdasarkan Fanny, “Penerapan warna pink yang berlebihan tak direkomendasikan sebab secara psikis akan memicu rasa malas, ketergantungan atau kurang mandiri”. Sehingga tambahnya, untuk menjaga supaya penerapan warna pink tak berlebihan, dibutuhkan kombinasi warna lain secara proporsional.

“Untuk mengimbangi kelembutan warna pink, dibutuhkan kombinasi warna dengan spektrum kuat seperti hitam, abu-abu, biru tua atau hijau tua,” tambah Fanny.

Menambahkan kekuatan dari warna pink tak senantiasa dalam format pewarnaan “Dalam perspektif Fengshui, sudut kekuatan beri sayang ada di komponen barat tenaga rumah. Untuk meningkatkan kwalitas relasi dengan pasangan, Anda dapat letakkan dua lilin berwarna pink di zona ini atau bunga potong segar berwarna pink,” papar Fanny.

READ  Desain Rumah Minimalis

Magenta: Penemuan Warna dari Nippon Paint Indonesia

Tak seluruh ruang dapat secara bebas dicat dengan warna pink sebab sifat warna pink yang personal. Dibutuhkan trik kombinasi dan proporsi yang pas untuk menggunakan warna pink pada ruangan lain kecuali kamar tidur seperti pada ruang tetamu, kamar mandi, ruang makan, dapur. Salah salah, ruangan menjadi terkesan terlalu ‘girly’.

Bagi Anda yang masih ragu menggunakan warna pink di zona publik kecuali kamar tidur, Nippon Paint sudah membikin bawaan baru warna pink yang setingkat lebih dalam yang dikasih nama “Fast Car NP AC 2076A.” Warna ini yakni perpaduan antara warna merah, biru, dan putih atau lebih tenar disebut sebagai warna Magenta.

“Sama dengan warna pink, Magenta mengandung faktor api dan air” ujar Fanny. Tapi berbeda dengan warna pink, warga Magenta lebih berenergi dan tak menjadikan kesan kekanakan, pun sebaliknya bisa melahirkan aura keanggunan dan kemewahan.

READ  Interior Ruang Tamu Minimalis

“Warna Magenta Fast Carini termasuk warna serba guna, warna ini layak untuk bermacam-macam gaya interior dan bisa diterapkan dalam bermacam-macam sistem bagus sebagai warna pada dinding ataupun sebagai dialek faktor pendorong,” terang Jon Tan, CEO Decorative Paints – Nippon Paint Indonesia. Saat warna-warna lembut lainnya terasa monoton, warna Magenta Fast Car ini justru bisa meningkatkan tenaga tarik dan memberikan kedalaman pada keseluruhan tampilan, tambahnya.

Kombinasi antara merah, biru dan putih pada warna ini menghasilkan keunggulan suasana dan daya pada sebuah ruang serta harmoni dan kenyamanan.

“Warna magenta layak sekali digunakan untuk ruang makan dan apabila dipadupadankan dengan warna netral akan menghasilkan ruangan kian nyaman