Semen Mortar

Mengulas Tentang Perbedaan Beton, Mortar Dan Semen

Memilih material bangunan yang cocok dan sesuai merupakan salah satu keharusan untuk bisa membuatnya lebih kuat dan tahan lama. Bahan material bangunan seperti beton, mortar ataupun semen tentu sudah sering didengar. Namun kebanyakan masyarakat belum terlalu memahami dengan baik apa perbedaan dari 3 bahan tersebut.

Setiap bahan material memiliki komposisi yang berbeda dan juga fungsi yang berbeda. Untuk itu Anda harus memahaminya dengan baik agar bisa tepat memilihnya.

Mortar

Mortar merupakan bahan bangunan yang bisa dikatakan memiliki komposisi yang baik. Material ini dibentuk atas dasar pencampuran beberapa komponen seperti semen, pasir dan lain sebagainya. Campurkan sedikit air untuk membuat adonannya. Material ini akan membentuk substansi yang lebih tebal dari beton sehingga bisa berfungsi sebagai perekat yang ideal untuk batu bata.

Bahan mortar mungkin menjadi sangat populer digunakan karena memiliki berbagai keunggulan tersendiri dibandingkan dengan jenis bahan yang lainnya. Namun sebelum memilih jenis bahan yang akan digunakan Anda perlu memahami apa saja keunggulan tersebut. Berikut informasinya.

  • Mudah digunakan, Anda hanya perlu menambahkan air secukupnya ketika mengaplikasikannya.
  • Diproduksi dengan menggunakan mesin berteknologi canggih yang terdapat di pabrik sehingga akan lebih berkualitas dan bisa memiliki komposisi campuran yang sesuai.
  • Dalam proses pembuatannya, mortar dicampur dengan bahan khusus yang bisa berfungsi untuk mengatasi terjadinya keretakan pada dinding, lantai maupun masalah yang lainnya.

Beton

Beton adalah bahan material yang terbentuk dari beberapa proses seperti pencampuran hingga pengerasan. Beberapa bahan dicampur untuk membentuk sebuah beton dan teknik pemadatan dilakukan untuk menjaga kualitas beton tetap tahan terhadap air maupun cuaca. Beton biasanya digunakan untuk proses struktural atau digunakan untuk menyokong baja agar tetap bisa mempertahankan bentuk strukturalnya.

Bahan ini paling unggul digunakan untuk membentuk pondasi bangunan dan juga dinding. Hal tersebut terjadi karena bahan ini sangat kokoh dan tahan terhadap berbagai gangguan seperti suhu maupun cuaca.

Setiap material bangunan tentu akan memiliki keunggulannya masing-masing, begitu juga dengan beton. Untuk bisa memahami perbedaan antara bahan bangunan tersebut Anda juga harus mengetahui keunggulannya. Inilah beberapa keunggulan dari bahan beton.

  • Memiliki sifat yang tahan akan karatan dan juga pembusukan yang terjadi karena kondisi lingkungan.
  • Beton memiliki harga yang relatif lebih murah karena menggunakan bahan lokal biasa pada proses pencampurannya.
  • Memiliki daya tahan yang kuat sehingga awet untuk digunakan. Bahan ini cocok digunakan untuk struktur bangunan berat.
  • Tahan terhadap api sehingga biaya perawatannya tergolong cukup rendah.

Semen

Jika diibaratkan sebagai bahan pembuat kue, semen merupakan tepung. Bahan ini menjadi bahan utama dalam pembangunan karena bisa dicampurkan dengan berbagai bahan bangunan yang lainnya. Namun untuk bisa menggunakannya secara maksimal Anda perlu mencampurkannya dengan bahan yang sesuai dengan kebutuhan.

Banyak sekali jenis semen yang bisa Anda gunakan untuk pembangunan, namun jenis semen yang sering digunakan adalah semen Portland. Meskipun cukup umum dipakai, mungkin masih ada beberapa orang yang tidak memahami dengan baik apa saja keunggulan semen dibandingkan dengan bahan material bangunan yang lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut akan dibahas tentang beberapa kelebihan yang dimiliki oleh material semen.

  • Fleksibel dan bisa digunakan untuk segala macam kebutuhan bangunan.
  • Bisa bermanfaat sebagai plamir
  • Semen memiliki daya rekat yang cukup bagus.
  • Lebih ekonomis dan bisa menghemat biaya pembangunan.
  • Bisa mengatasi resiko cat tembok yang mudah terkelupas
  • Mengatasi dinding yang lembab.