Rumah

Merawat Kolam Ikan di Dalam Rumah

Sebuah hunian akan nampak lebih sejuk apabila banyak memiliki bukaan untuk sirkulasi udara. Baik berupa ventilasi, tanaman, hingga hadirnya kolam ikan di dalam rumah. Selain bisa membuat rumah menjadi lebih segar juga dapat dimanfaatkan sebagai area untuk relaksasi. Kolam dalam rumah tanpa atap diatasnya mampu membuat sirkulasi udara dalam hunian menjadi lebih sempurna, sekaligus akan memberikan pencahayaan alami pada hunian Anda.

Namun biasanya dengan membuat kolam terbuka dalam rumah terkadang sangat menyulitkan sang penghuni rumah . Mulai dari masalah perawatan kebersihan kolam, hingga biaya pembuatan kolam tersebut yang sering kali membuat orang berfikir dua kali untuk membuat kolam dalam rumah. Jika kita tidak pandai dalam perawatan serta pemeliharaan kolam tersebut, tidak hanya akan memperburuk suasana ruangan, tapi juga akan menyebabkan munculnya jentik-jentik nyamuk.

READ  Denah Rumah Minimalis Type 36

Berikut kami sajikan tips mudah merawat kolam dalam rumah agar terlihat cantik dan menawan. Sehingga akan menambah rasa nyaman untuk keluarga penghuni rumah.

Merawat kolam di ruang terbuka yang sirkulasi airnya sederhana tanpa dilengkapi dengan filter, cukup dengan membukan keran air ke dalam kolam dengan bantuan pompa. Air kolam akan tetap bergerak sehingga tidak muncul jentik-jentik nyamuk. Untuk mencegah jentik-jentik nyamuk, memelihara ikan juga merupakan salah satu alternatif.

Perawatan rutin untuk kolam tanpa filter harus selalu dilakukan setiap dua-tiga minggu sekali.
Jika kolam Anda memiliki saluran pembuangan, Anda bisa memindahkan seisi kolam ke tempat yang aman terlebih dahulu sebelum mulai membuang air di kolam lewat saluran pembuangan. Setelah selesai membersihkan, tunggu hingga kadar asam dan oksigen di dalam air stabil, baru masukkan kembali isi kolam (ikan, kura-kura dan yang lainnya).

READ  Merawat Furniture Kulit

Jika Anda memiliki dana lebih, sebaiknya kolam Anda dilengkapi dengan penyaring baik buatan tangan maupun filtering machine untuk menjaga kebersihan air.