Rumah

Tips Dekorasi Dengan Warna Merah

Banyak orang yang masih ragu untuk berkreasi dengan warna merah. Hal ini karena warna merah dinilai terlalu berani dan sedikit mengganggu visual didalam rumah. Padahal warna merah justru sangat bagus untuk diaplikasikan pada interior di rumah Anda. Warna merah memancarkan energi kehangatan dan hampir cocok untuk semua ruangan rumah Anda, termasuk pada kamar mandi, ruang kerja dan dapur. Sementara untuk aplikasi cat merah pada dinding pun tidak sulit, hanya perlu berhati-hati agar terlihat seimbang antara warna merah dengan aksen lainnya. Berikut beberapa tips mendekorasi interior dengan warna merah.

Cat langit-langit, jendela dan trim pada pintu dengan warna putih. Perpaduan merah dan putih akan menghasilkan aksen yang kontras dan mencegah warna merah menjadi terlalu suram atau berlebihan secara alami.

READ  Membasmi Rayap Dengan Cara Alami

Pilih dua warna komplementer yang seimbang dan menghasilkan skema warna yang harmonis. Anda bisa memberikan warna netral atau warna-warna dingin. Hindari menggunakan warna-warna hangat dan cerah seperti merah, oranye, kuning atau perunggu. Warna ini akan membuat warna merah menjadi semakin menyala. Pilih komplemen dengan nuansa biru, hijau, abu-abu, ungu atau putih untuk paduan warna merah. Dijamin hasilnya akan memberikan skema warna yang harmonis.

Apabila anda sudah mengaplikasikan warna merah pada dinding, pilih warna lain untuk furnitur utama pada ruangan tersebut. Misalnya anda bisa menempatkan meja berwarna putih atau hitam . atau meja biru dan krem untuk ruangan kerja anda. Hindari memakai warna merah pada furnitur utama, karena hal itu akan memberikan kesan berlebihan dan terlalu menyala. Anda bisa mengaplikasikan warna merah pada furnitur pelengkap misalnya pada vas bunga, lampu, atau asbak.

READ  Kamar Mandi Minimalis Mungil

Tambahkan aksen pelengkap seperti karpet atau bantal duduk dengan nuansa yang seimbang. Misalnya pada sofa merah terang Anda bisa lengkapi dengan bantal duduk putih, atau hitam. Atau anda bisa menambahkan bathmat berwarna abu-abu pada kamar mandi berwarna merah. Anda juga bisa aplikasikan pada wastafel dan toilet.

Terakhir, tambahkan aksesoris dekoratif yang mewakili perpaduan warna yang digunakan pada interior. Misalnya pada interior dengan dinding merah dan sofa putih sebagai furnitur utamanya, anda bisa menambahkan pelengkap seperti kap lampu, bingkai foto, patung, cas atau bantal dengan warna merah atau putih secara bergantian. Atau bisa juga Anda lengkapi dengan pelengkap dekoratif dengan warna lain yang netral seperti hitam.

Pada dasarnya jangan takut untuk berimajinasi dan berkreasi dengan warna merah ini. Warna merah dipercaya akan membangkitkan semangat dan dapat mengembalikan mood anda menjadi lebih baik. Selamat mencoba!

READ  Desain Rumah Minimalis 1 Lantai Modern